Minggu, 11 Maret 2018

Website

WEBSITE



Sejarah & Pengenalan Website

                Website (Situs Web) ditemukan oleh Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee yang merupakan seorang peneliti di CERN pada tahun 1989. Lalu pada tahun 1991, untuk pertama kalinya website terhubung dengan jaringan. Pada awalnya Tim merancang situs web hanya untuk mempermudah tukar menukar informasi sesama peneliti di tempat kerjanya. Lalu pada tanggal 30 April 1993, CERN tempat Tim bekerja mengumumkan bahwa website (WWW) sudah dapat diakses oleh public secara gratis.
                Menurut Tim Berners-Lee, Website adalah sebuah ruang dimana sumber – sumbernya diidentifikasi oleh URI (Uniform Resources Identifiers), dimana terdapat banyak protocol untuk memberi dukungan interaksi antara agen dan format untuk merepresentasi informasi dari sumber – sumber tersebut. Sedangkan menurut bahasa, Website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada server yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.

                Secara garis besar, situs web dibagi menjadi 2 yaitu:

1.       Situs web Statis
Merupakan situs web yang dibuat secara manual dengan mengetik kode – kode html menjadi suatu halaman web. Isi dari website statis tidak ditujukan untuk diedit secara berkala, dan tidak semua orang bisa merubah isi dari website tersebut. Selain itu karena dibuat secara manual maka akan sangat merepotkan jika harus diubah isinya secara berkala.

2.       Situs web Dinamis
Merupakan situs web yang didesain agar mudah untuk diubah isinya secara berkala. Biasanya digunakan pada situs berita. Website dinamis memiliki dua macam halaman yaitu, Frontend (Halaman yang diakses oleh pengunjung), dan Backend (Halaman yang hanya diakses oleh admin, biasanya untuk mengupdate isi web dan melakukan maintenance).

                Situs web juga dibagi berdasarkan generasinya, sampai sekarang sudah ada tiga generasi web yaitu:

1.       Web 1.0
Merupakan web generasi pertama yang merupakan wajah baru bagi dunia industri dan media. Website generasi pertama ini dikembangkan untuk mengakses informasi dengan sedikit interaktif tapi cenderung pasif. Contoh dari website ini sudah sulit untuk ditemukan karena teknologi yang sudah maju membuat semua web developer lebih mengembangkan ke generasi selanjutnya.

2.       Web 2.0
Pada generasi kedua, website lebih mengedepankan kolaborasi serta sistem sharing secara online. Pertama kali diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004. Contoh dari Web 2.0 misalnya web jejaring social, Wiki, dll.

3.       Web 3.0 / Semantic Web
Meski masih dalam tahap perdebatan serta standardisasi oleh para ahli, web 3.0 berpotensi menjadi sebuah generasi teknologi di dunia internet. Menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien membantu computer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data secara online.



Daftar Pustaka

Tim-Berners Lee, Wendy Hall, James A. Hendler, Kieron O'Hara, Nigel Shadbolt and Daniel J. Weitzner, A Framework for Web ScienceFoundations and Trends in Web Science, ISBN: 1-933019-33-6 144 pp, September 2006

Kontributor Wikipedia. “Situs Web”. Wikipedia, Ensiklopedia Bebas. 15 Februari 2018. https://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web#Sejarah.

Naeva. “Macam – macam Website”. 11 September 2013. http://www.naevaweb.com/blog/pengertian-website/macam-macam-website-p.html.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bioinformatika

            Istilah  bioinformatics  mulai dikemukakan pada pertengahan era  1980-an  untuk mengacu pada penerapan  komputer  dalam biolog...