Rabu, 24 April 2019

Genre Video Game


                Video Game atau yang diartikan Permainan Video dalam bahasa Indonesia, merupakan sebuah permainan yang menggunakan interaksi User Interface yang dihasilkan melalui perangkat video. Seiring semakin banyaknya permainan yang dikeluarkan oleh developer – developer baik itu developer besar maupun developer rumahan (indie) , permainan mulai dikelompokkan kedalam  jenis – jenis yang didasarkan dari cara bermain, tujuan, dan perspektif. Disini saya akan menjelaskan jenis – jenis atau genre permainan.

                Dimulai dari kelompok yang dasar, permainan dikelompokkan menjadi beberapa genre, diantaranya adalah Action, Adventure, Educational, Racing/Driving, Role-Playing (RPG), Simulation, Sports, Strategy.



1.       Action

Merupakan genre permainan dimana pemain dituntut untuk menggunakan kemampuannya untuk menentukan timing dan refleks untuk dapat menyelesaikan tantangan yang diberikan didalam permainan. Biasanya genre permainan ini akan disandingkan bersama dengan genre permainan yang lain, misalnya adventure , RPG, dll

Contoh permainan yang memiliki genre action diantaranya adalah:


1.1   Warframe



1.2   Monster Hunter World
2.       Adventure
Berikutnya adalh genre permainan Adventure atau petualangan. Dalam permainan ini pemain ditempatkan sebagai karakter yang harus menyelesaikan keseluruhan cerita dari permainan untuk menyelesaikan permainan. Biasanya genre ini disandingkan dengan genre Action.

Contoh permainan yang memiliki genre Adventure adalah:



2.1 Terraria



2.2 Uncharted 4: A Thief’s End

3.       Educational

Merupakan jenis permainan yang menyelipkan pelajaran – pelajaran disela permainannya atau permainan tersebut memang bertujuan untuk memberikan edukasi. Biasanya genre ini disandingkan dengan genre permainan Simulation(simulasi). Contoh dari genre permainan Education ini adalah:




3.1 Kerbal Space Program

4.       Racing

Merupakan genre permainan dimana pemain ditantang dalam hal keterampilan mengemudi dalam kompetisi balap. Contoh permainan dengan genre Racing adalah:



4.1 The Crew 2


4.2 MotoGP 18

5.       RPG

Merupakan genre permainan dimana pemain ditempatkan sebagai tokoh dalam permainan tersebut untuk memecahkan misteri atau puzzle dalam permainan tersebut. Biasanya genre RPG ini memiliki cerita yang sangat kompleks dan biasanya memiliki mekanisme permainan Turn Based (GIliran). Contoh dari game RPG ini adalah:





5.1 Pokemon Series

6.       Simulation

Merupakan permainan yang berdasarkan dari pengalaman, kejadian, objek dunia nyata. Contoh permainan dengan genre Simulasi adalah:



6.1 The Sims 4




6.2 Euro Truck Simulator 2


7.       Sport

Merupakan permainan yang didasarkan pada kegiatan olahraga – olahraga yang ada di dunia nyata. Contohnya sepak bola, bola basket, tenis, dll.  Genre balapan juga bisa dimasukkan ke dalam kategori permainan sport. Contoh game dengan genre Sport adalah:



7.1 FIFA 19



7.2 Grand Slam Tennis

8.       Strategy

Merupakan permainan dimana pemain sangat dituntut untuk menyusun sebuah cara untuk dapat memenangkan permainan misalnya cara untuk mengelola sebuah perekonomian atau kemiliteran suatu Negara . Genre strategy ini dibagi lagi menjadi 2 sub yaitu RTS (Real Time Strategy) dimana pemain secara langsung dan real time mengatur sebuah strategi untuk menang dan TBS(Turn Based Strategy) dimana pemain akan secara bergiliran memainkan perannya untuk mengatur permainan. Contoh permainan Strategy RTS:



8.1 Age of Empires IV



8.2 Stronghold Crusader

Lalu contoh permainan strategy dengan sistem TBS adalah:




8.3 Civilization VI


Daftar Pustaka
Kontributor Wikipedia. Genre permainan video [Internet]. Wikipedia, Ensiklopedia Bebas; 2019 Feb 9, 10.33 UTC [dikutip pada 2019 Feb 9]. Tersedia dari:https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Genre_permainan_video&oldid=14786911.

Dominic Arsenault. 2009. Video Game Genre, Evolution and Innovation. Journal for Computer Game Culture. Vol.3, No.2, page 149-176

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bioinformatika

            Istilah  bioinformatics  mulai dikemukakan pada pertengahan era  1980-an  untuk mengacu pada penerapan  komputer  dalam biolog...