Jumat, 14 Juli 2017

Harapan Menjadi Bangsa yang Besar


Menjadi Bangsa yang besar merupakan bentuk penghormatan tertinggi terhadap jasa para pahlawan. Lantas apa dan bagaimana menjadi bangsa yang besar itu? Menurut pemikiran saya, dalam mengartikan “Bangsa yang Besar” secara sederhana adalah Bangsa yang mandiri, tidak banyak menuntut, rela berbagi terhadap sesamanya dan menjaga sserta merawat lingkungannya (bagian kecil dari tanah airnya) sebagai bagian dari hidupnya. Coba sejenak renungkan, ketika MEREKA, para pahlawan kemerdekaan berjuang demi berkibarnya sang Merah Putih. Tak sedikit yang mereka korbankan, tidak hanya harta bendanya namun juga jiwa dan raganya dipertaruhkan demi kemerdekaan tanah airnya. Mereka rela melakukan semua itu untuk KITA, generasi penerusnya.


Kini kita hidup dalam Kemerdekaan, hak-hak kita dilindungi, bermacam fasilitas tersedia. Maka kita harus manfaatkan semua itu dengan sebaik-baiknya. Jangan pernah siakan waktu yang ada, Belajarlah untuk mengenal dunia, belajarlah untuk mengenal dan mengenang leluhumu, pahlawanmu, Kembali renungkan sejenak, untuk apa mereka memperjuangkan kemerdekaan? Untuk kita. Coba renungkan, Apakah mereka pernah menuntut sesuatu dari kita karena telah memperjuangkan kemerdekaan untuk kita? Sekalipun tidak!Saya memiliki keyakinan, bahwa mereka para pahlawan kemerdekaan, berjuang dengan ikhlas tanpa mengharap imbalan.

Dan saya sangat yakin, mereka juga memiliki satu harapan yang besar dari perjuangan mereka, yakni kehidupan GENERASI MEREKA akan lebih baik. Maka kita, harus menghormati jasa mereka denvan memenuhi HARAPAN MEREKA. Jangan pernah bertanya atau menuntut sesuatu dari negaramu, tapi bertanyalah apa yang sudah kamu perbuat untuk negerimu. Terlalu banyak cara untuk menjadikan kita bangsa yang besar, salah satunya dengan melakukan banyak hal penting untuk memperbaiki diri kita. tapi kadang kita terlena dengan hal-hal kecil yang tidak penting.

Jika kita ingin Indonesia menjadi bangsa yang besar, maka kita harus meniru para pahlawan. Dimana mereka melihat, melindungi, dan mengawasi keseluruhan Indonesia dan tidak terpusat pada 1 wilayah saja. Seluruh pembangunan, baik itu pembangunan infrastruktur maupun ekonomi, semuanya harus merata. Kemudian kita juga harus memanfaatkan segala sumber daya yang ada, jangan sampai malah Negara lain yang memanfaatkan sumber daya kita.

Terlebih lagi adalah jiwa dari masyarakat Indonesia itu sendiri. Masyarakat ditumbuhi oleh jiwa – jiwa nasionalisme yang kuat dan kecerdasan berfikir sehingga tidak akan terpicu oleh isu – isu yang memecah belah nasionalisme diantara bangsa Indonesia sendiri. Saya yakin, jika hal – hal tersebut terpenuhi pasti Indonesia akan menjadi bangsa yang besar serta dapat memakmurkan bangsa rakyat didalamnya.

Sumber:
http://www.kompasiana.com/masnur/menjadi-bangsa-yang-besar_551952b2a333112f17b6597c

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bioinformatika

            Istilah  bioinformatics  mulai dikemukakan pada pertengahan era  1980-an  untuk mengacu pada penerapan  komputer  dalam biolog...